MOEHAMMAD IRFAN MAULANA

Sabtu, 23 Agustus 2014

sejarah kota paris

Paris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paris
Tour Eiffel, École militaire, Champ-de-Mars, Palais de Chaillot, La Défense - 01.jpg
Menara Eiffel (depan) dan pencakar langit di distrik bisnis La Défense (belakang) menguasai langit-langit Paris.
Paris map.png
NegaraPerancis
Borough20 arondisemen
Pemerintahan
 • Wali kotaBertrand Delanoë (PS)
Populasi
 • Populasi12.167.994
Zona waktuCET (UTC +1)
2 Population sans doubles comptes: penghitungan tunggal penduduk di komune lain (e.g. mahasiswa dan personil militer).
Paris (pengucapan: /ˈpærɨs/ dalam bahasa Inggris;[2] [paʁi]  dalam bahasa Perancis) adalah ibu kota Perancis. Terletak di sungai Seine, di utara Perancis, di jantung region Île-de-France (juga dikenal sebagai "Region Paris"; bahasa PerancisRégion parisienne). Kota Paris pada batas administratifnya (tak berubah sejak 1860) memiliki penduduk 2.167.994 jiwa (Januari 2006).[3] Unité urbaine Paris (atau wilayah urban) memanjang ke luar batas kota administratif dan memiliki perkiraan penduduk 9.93 juta (tahun 2005).[4] Aire urbaine Paris (atau wilayah metropolitan) memiliki penduduk hampir 12 juta jiwa,[5] dan merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di Eropa.[6]
Pemukiman penting bagi lebih dari dua milenium, Paris hari ini menjadi salah satu pusat bisnis dan budaya terdepan di dunia, dan campuran politikpendidikanhiburanmediafashionsains dan seni semuanya membantu statusnya sebagai salah satukota global terbesar di dunia.[7] Region Paris (Île-de-France) adalah ekonomi kota terbesar di Eropa, dan kelima terbesar dalam daftar kota menurut PDB dunia. Dengan €500.8 miliar (US$628.9 miliar), kota ini menghasilkan seperempat produk domestik bruto (PDB) Perancis tahun 2006.[8] Region Paris memiliki 36 dari perusahaan Fortune Global 500[9] di beberapa distrik bisnis, terutama La Défense, distrik bisnis terbesar di Eropa.[10] Paris juga memiliki banyak organisasi internasional seperti UNESCOOECDICC dan Paris Club.
Paris adalah kota tujuan turis paling populer di dunia, dengan 30 juta pengunjung asing per tahun.[11] Terdapat sejumlah marka tanah terkenal di antara berbagai atraksinya, bersama dengan institusi terkenal dan taman terpopuler di dunia.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Paris diucapan pengucapan: /ˈpærɪs/ dalam bahasa Inggris, dan IPA [paʀi]  dalam bahasa Perancis. Nama latin Paris adalah Lutetia (/lutetja/), atau Lutetia Parisiorum, (Bahasa Perancis: Lutèce ([lytɛs])), yang kemudian dipotong menjadi hanya Paris. Nama ini berasal dari suku Parisii Galia, yang namanya mungkin berasal dari kata Galia Celt, berarti "ketel besar", tapi tidak berhubungan. Penulis lainnya menganggap nama Parisii berasal dari kata Galia Celt parisio yang berarti "orang bekerja" atau "pengrajin."[12] Sejak awal abad ke-20, Paris telah dikenal sebagai Paname ([panam]) dalam slang Perancis (Ltspkr.pngMoi j'suis d'Paname, artinya "Saya dari Paname"), sebuah slang yang telah populer di kalangan remaja dalam beberapa tahun belakangan.
Penduduk Paris dikenal sebagai Parisian [pəˈɹɪzjənz] atau [pəˈɹiː.ʒn̩z] dalam bahasa Inggris dan Parisien ([paʀizjɛ̃] ) dalam bahasa Perancis. Kata Parigot (berarti "warga Paris", diucapkan [paʀigo] ) kadang-kadang digunakan dalam slang Perancis. Sering dianggap merendahkan, Parigot memiliki konotasi baik, seperti dalam lagu terkenal oleh Maurice Chevalier: "C'est un gars d'Ménilmontant, un vrai p'tit Parigot, ..." ("Ia seseorang dari Ménilmontant, seorang warga Paris kecil, ..."). Secara lokal, penghuni pinggiran Paris dikenal sebagai banlieusard [bɑ̃ljøzaʀ] ), berarti penghuni banlieue ("pinggiran kota"). Penduduk région Île-de-France (Region Paris) dikenal secara resmi sebagai Francilien ([fʀɑ̃siljɛ̃] ). Warga Paris menyebut orang dari luar Île-de-France sebagai Provinciaux (dari berbagai provinsi). Penggunaan sebutan ini, seperti menganggap seluruh Perancis sebagai la province, kadang-kadang dianggap merendahkan.

0 komentar:

Posting Komentar