MOEHAMMAD IRFAN MAULANA

Rabu, 27 Agustus 2014

PALESTINA

Palestina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Palestine is located in Asia
  Batas-batas Syria PalaestinaRomawi, sedangkan garis hijau putus-putus menunjukkan batas antaraPalaestina Prima Romawi Timur (kemudian menjadi Jund Filastin) danPalaestina Secunda (kemudian menjadiJund al-Urdunn), serta Palaestina Salutaris (kemudian menjadi Jabal at-Tih dan Jifar)
  Batas-batas Negara Palestina (Tepi Barat dan Jalur Gaza)
Palestina (bahasa Arabفلسطين FilasṭīnFalasṭīnFilisṭīnbahasa YunaniΠαλαιστίνηPalaistinēbahasa LatinPalaestinabahasa Ibrani: פלשתינה Palestina) adalah sebuah wilayah di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Nama "Palestina" digunakan oleh penulis-penulis Yunani Kuno, dan kemudian digunakan untuk provinsi Romawi Syria Palaestina, provinsi Romawi Timur Palaestina Prima dan provinsi Umayyah dan Abbasiyah Jund Filastin. Wilayah ini juga dikenal sebagai Tanah Israel (bahasa Ibrani: ארץ־ישראל Eretz-Yisra'el),[1] Tanah SuciLevant Selatan[2]Cisjordan, dan secara historis dikenal dengan nama-nama lainnya seperti KanaanSuriah Selatan dan Kerajaan Yerusalem.
Terletak di lokasi yang strategis, di antara MesirSuriah dan Jazirah Arab, dan tempar lahirnya Agama Yahudi dan Kekristenan, wilayah ini mempunyai sejarah yang panjang dan riuh sebagai persimpangan untuk agama, budaya, peradagangan dan politik. Wilayah ini telah dikuasai oleh berbagai bangsa, yaitu: Orang Mesir Kuno, Orang KanaanBani IsrailOrang Assyiria, OrangBabiloniaOrang Farsi, Orang Yunani Kuno, Orang Romawi, Orang Romawi TimurKekhalifahan Arab SunniKekhalifahan FatimiyahSyi'ahOrang SalibiAyyubiyyahMamlukTurki UtsmaniOrang BritaniaOrang Israel modern dan Bangsa Palestina.
Batas-batas dari wilayah ini selalu berubah sepanjang sejarah, dan terakhir kali ditetapkan pada zaman modern oleh Persetujuan batas Perancis-Britania (1920) dan Nota Transyordania (tanggal 16 September 1922), selama periode Mandat Palestina.[3]Sekarang, wilayah ini terdiri dari Negara Israel dan Negara Palestina.[3]

0 komentar:

Posting Komentar