MOEHAMMAD IRFAN MAULANA

Jumat, 22 Agustus 2014

sejarah honda

Sejak usia muda, pendiri Honda, Soichiro Honda (本田 宗一郎, Honda Sōichirō) memiliki minat besar dalam kendaraan bermotor. Dia bekerja sebagai mekanik di Art Shokai, dimana dia menyetel mobil dan dimasukkan kedalam balapan. Dia kemudian membuat desain piston dan menjualnya ke Toyota. Rancangan pertamanya ditolak, dan Soichiro bekerja keras untuk menyempurnakan desainnya, bahkan dia kembali sekolah dan menggadaikan perhiasan istrinya sebagai jaminan

Produk[sunting | sunting sumber]

Mobil[sunting | sunting sumber]

2011 Honda Jazz
2008 Honda Accord (AS-Kanada)
Honda Civic generasi 8 (Asia)
Jajaran produk global Honda saat ini terdiri dari JazzCivicAccordInsightCR-VCR-ZLegend dan 2 versi Odyssey, untuk pasar Amerika, dan satu untuk pasar internasional. Fitur dan kelengkapan untuk tiap kendaraan Honda dapat berbeda tergantung negara dan kadang hanya ada di region itu saja. Beberapa di antaranya adalah Honda Odyssey dan Ridgeline di Amerika Utara. Beberapa model eksklusif lainnya adalah hatchback Honda Civic 5 pintu di Eropa.
Honda memasuki industri otomotif setelah Perang Dunia II, dimana pesaing sesama Jepang seperti Toyota dan Nissan telah memulai lebih dahulu. Maka, Honda selalu melakukan sedikit perbedaan dari kompetitornya. Produknya yang bertahan lama, seperti Accord dan Civic, selalu menggunakan penggerak roda depan, sehingga menjadi tradisi Honda. Honda selalu memasang teknologi ke dalam produk-produknya, pertamanya sebagai kelengkapan opsional, kemudian menjadi kelengkapan standar. Contohnya adalah rem anti terkunci, power steering sensitif kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port awal 1980-an. Honda juga meluncurkan merek mewah Jepang pertama yaitu Acura tahun 1986, mobil sport berbahan aluminium Honda NSX, dan teknologi pengaturan katup yang disebutVTEC.
Civic adalah salah satu mobil kompak yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda. Di Amerika Utara, Civic nama model mobil Jepang tertua kedua, setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan tahun 1968.[9] Civic, bersama dengan Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Utara sampai 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil ini dikembangkan. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan pasar meningkat dan saat ini menempati tempat di antara Jazz dan Accord. Honda juga memproduksi Honda Civic Hybridkendaraan listrik hibrida untuk bersaing dengan Toyota Prius. Produk hibridanya yang lain adalahInsight dan CR-Z.
Segmen truk pikap pertama Honda Ridgeline memenangkan Truck of the Year dari majalah Motor Trend tahun 2006. Pada tahun itu juga, Civic memenangkan Car of the Year dari majalah itu juga.
Lima dari sepuluh mobil paling efisien dari 1984-2010 menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat adalah mobil-mobil Honda, lebih banyak daripada pabrikan mobil lainnya. Lima model tersebut adalah Honda Insight 2002-2006 denganTemplat:Convert/LoffAonDorSoffF, Honda Civic Coupe HF 1986-1987 dengan Templat:Convert/LoffAonDorSoffF, 1994–1995 Honda Civic hatchback VX dengan Templat:Convert/LoffAonDorSoffF, 2006– Honda Civic Hybrid dengan Templat:Convert/LoffAonDorSoffF, dan 2010– Honda Insight dengan Templat:Convert/LoffAonDorSoffF.[10] ACEEE juga menyatakan Civic GX sebagai mobil terhijau di Amerika selama tujuh tahun berturut-turut.[11]

Mesin[sunting | sunting sumber]

Meskipun Honda adalah perusahaan yang memproduksi mesin, namun mereka tak pernah memproduksi mesin V8 untuk kendaraan penumpang. Di akhir 1990-an, Honda mendapat tekanan dari dealernya di Amerika untuk membuat mesin V8.[12] Honda mulai memperhitungkan untuk membuat mesin V8 di pertengahan 2000-an untuk sedan Acura, mobil sport NSX, dan juga truk dan SUV di pasar Amerika. Program ini ternyata dibatalkan akhir 2008 dengan memperhitungkan aspek lingkungan dan kondisi ekonomi global yang memburuk.[13]

Robot[sunting | sunting sumber]

ASIMO merupakan bagian dari program penelitian dan pengembangkan robotika Honda. Program ini dimulai tahun 1986 dengan Honda E0 yang kemudian dilanjutkan dengan Honda Seri E dan Honda Seri P. Asimo mempunyai bobot 54 kilogram dan tingginya 130 cm, bentuknya seperti seorang astronot yang mengenakan tas punggung. Asimo dapat berjalan seperti manusia dengan kecepatan sampai 6 km/j (3.7 mpj). ASIMO adalah satu-satunya robot humanoid yang dapat naik dan turun tangga sendiri.[14]

Pesawat[sunting | sunting sumber]

Honda juga memproduksi pesawat dengan produk HA-420 HondaJet melalui salah satu divisinya yaitu Honda Aircraft Company.

ATV[sunting | sunting sumber]

Honda juga memproduksi all-terrain vehicle (ATV).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "FY2012 Consolidated Financial Results: Toyota Motor Company". May 2011. Diakses 15 June 2011.
  2. ^ "Company Profile for Honda Motor Co Ltd (HMC)". Diakses 29 September 2008.
  3. ^ Grant, Robert M. (2003), Cases in contemporary strategy analysis (ed. 3rd), Wiley-BlackwellISBN 1405111801, diakses 2010-11-12 Unknown parameter|ast2= ignored (help)
  4. ^ Johnson, Richard Alan (2005), Six men who built the modern auto industryMotorBooks InternationalISBN 0760319588, diakses 2010-11-12
  5. ^ Miller, Edward (2008-04-18). "FIRST MOTORCYCLE AIRBAG EARNS TAKATA AND HONDA 2008 AUTOMOTIVE NEWS PACE INNOVATION PARTNERSHIP AWARD". Honda.com. Diakses 2009-07-28.
  6. ^ "Honda overtakes Nissan to become Japan's second-largest carmaker. - Latest Car News from 4Car". Channel4.com. Diakses 2009-11-22.[pranala nonaktif]
  7. ^ "The History of Honda". Cars-directory.net. Diakses 2009-11-22.
  8. ^ Ohnsman, Alan. "Honda's Dream of U.S. Production Protects Profits as Yen Surges". Bloomberg. Diakses 2011-01-01.
  9. ^ "Toyota Corolla History"Toyota Motor Corp.
  10. ^ Scott Doggett "EPA Lists Top 10 Most Fuel-Efficient Cars From 1984 to Present" Green car advisor – Edmunds, 10 June 2010. (mpg revised in accordance with 2008 regulation change)[pranala nonaktif][diragukan ]
  11. ^ "the greenest vehicles of 2008". greenercars.org. Diakses 1 January 2011.
  12. ^ News, Automotive (17 October 2008). "Green-car era poses test for Honda, The Car Tech blog – CNET Reviews". Reviews.cnet.com. Diakses 22 November 2009.
  13. ^ Abuelsamid, Sam (6 January 2009). "Honda S2000, CR-Z convertible follow Acura NSX and V8 to scrap heap". Diakses 25 October 2010.[diragukan ]
  14. ^ Frequently asked questions about ASIMO [1]. Retrieved 28 February 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

0 komentar:

Posting Komentar