BlackBerry
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
BlackBerry Torch
| |
Pembuat | BlackBerry |
---|---|
Jaringan | GSM850/900/1800/1900 GPRS/EDGE/UMTS CDMA/1xEV-DO iDEN |
Dimensi | 50 mm × 106.7 mm × 14.5 mm[1] |
Berat | 87.9 g to 155 g dependent upon model |
Memori | 64 MB to 1 GB dependent upon model |
Layar | 480 × 360 pixels (Curve 8900/Tour 9630/Bold 9700) 360 × 480 pixels (Storm) 480 × 320 pixels (Bold) 320 × 240 pixels (8300/8700/8800/8500 Series) 240 × 260 pixels (7100/8100 Series) 240 × 320 pixels (8200 Series) 65,000 colors |
Nada dering | Poliphonik, MP3, MIDI |
Konektivitas | microSD, USB, Bluetooth, WiFi,GPS |
BlackBerry adalah telepon seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gawai canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada,BlackBerry. Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.
Daftar isi
[sembunyikan]Sejarah BlackBerry di Indonesia[sunting | sunting sumber]
BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel.[2]
Akibat tuntutan pemerintah Indonesia, BlackBerry akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia pada November 2010.[3]
Produk unggulan BlackBerry[sunting | sunting sumber]
Produk yang menjadi andalan utama dan membuat BlackBerry digemari di pasar adalah fitur surat-ecepat (push e-mail). Produk ini mendapat sebutan surat-e cepat karena seluruh surat-e baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “ditampilkan” langsung ke dalam BlackBerry secara otomatis.
Seperti yang telah disebutkan di atas mengenai keunggulan dari BlackBerry, yaitu push e-mail. Dengan push e-mail semua surat-e masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus. Lampiran berkas berupa dokumen Microsoft Office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. Sebuah surat-e berukuran 1 MB jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 KB dengan isi yang tetap.
Pengguna tidak perlu mengakses Internet terlebih dulu dan membuka satu persatu surat-e yang masuk, atau pemeriksaan surat-e baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, BlackBerry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.
Kelebihan lainnya adalah kemampuan BlackBerry yang dapat menampung surat-e hingga puluhan ribu tanpa ada risiko hang, asalkan masih ada memori tersisa.
BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger yang bernama BlackBerry Messenger (BBM) yang berjalan melalui jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas unik atau PIN dari setiap ponsel BlackBerry.
0 komentar:
Posting Komentar