Balap mobil
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Start balapan F1 di Kanada 2008.
| |
Induk organisasi | FIA |
---|---|
Pertama dimainkan | 28 April 1887 |
Data lengkap | |
Pria/wanita | Ya |
Kategori | Outdoor |
Balap mobil (bahasa Inggris: auto racing) adalah suatu cabang olahraga yang melibatkan kendaraan. Balap mobil merupakan salah satu cabang olahraga tontonan yang paling diminati dan juga yang paling dikomersialisasi. Balap mobil pertama kali muncul pada tahun 1895,[1] dan kini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.[2]
Untuk melangsungkan balap mobil diperlukan suatu tempat khusus. Pada umumnya tempat untuk balap mobil dinamakan sirkuit. Sirkuit membedakan jenis balap mobil apa yang akan digelar. Tiap sirkuit memiliki karakterisktik yang berbeda tergantung pembuatnya. Ketrampilan pembalap dalam mengemudikan mobil balap menjadi titik penentu keberhasilan untuk mencapai kemenangan.
Daftar isi
[sembunyikan]Mobil[sunting | sunting sumber]
Mobil balap adalah mobil yang digunakan untuk balap. Mobil balap tidak sama karakteristiknya dengan mobil harian. Pada mobil balap banyak aspek yang telah berubah dari kondisi standar mobil. Penggunaan mobil balap mewajibkan pengendaranya memiliki keahlian tersendiri, karena dalam mengendarai mobil balap tidak sama dengan mengendarai mobil biasa. Jenis mobil balap di antaranya adalah mobil balap Formula 1, mobil balap NASCAR, mobil balap touring, mobil balap rally dan lain-lain. Setiap jenis mobil balap memiliki karakteristik yang berbeda.
Kelas-kelas dalam balap mobil[sunting | sunting sumber]
Seri formula[sunting | sunting sumber]
- Formula Satu (F1)
- Seri IndyCar (IRL)
- Superleague Formula
- Seri GP2
- Dan lain - lain
Seri balap turing[sunting | sunting sumber]
- V8 Supercars
- Deutsche Tourenwagen Masters
- World Touring Car Championship (WTCC)
- V8 Superstar
- Pirelli World Challenge (PWC)
0 komentar:
Posting Komentar